Hadits Tentang Rumah Tangga


Umar radliyallaahu ’anhu mengatakan bahwa nabi shallallaahu ’alaihi wasallam bersabda (yang artinya) : ”seorang laki-laki tidak akan ditanya (tidak akan dituntut) : Mengapa ia memukul istrinya?” (HR. Abu Dawud dan lainnya).

Sanad hadits ini dla’if, karena ada dua ’illat (cacat); yaitu : Pertama, pada riwayat Imam Ahmad tersebut perawinya bernama Dawud Al-Audi. Jika yang dimaksud adalah Dawud bin Yazid Al-Audi, maka ia orang yang tidak kuat dalam periwayatan hadits. Sedangkan pada riwayat Abu Dawud dan Ibnu Majah disebutkan Dawud bin Abdullah Al-Audi. Jika yang dimaksud adalah perawi ini, maka ia adalah orang yang tsiqah. Kedua, baik riwayat Abu Dawud, Ibnu Majah, maupun Imam Ahmad, ada perawi lainnya yang bernama Abdurrahman Al-Musla, ia tidak diketahui identitasnya (majhul), sebagaimana yang dikatakan oleh Adz-Dzahabi dalam Al-Mizaan.

Lihat kitab Irwaaul-Ghaliil hadits no. 2034; Dla’if Sunan Abi Dawud hadits no. 469; Dla’if Sunan Ibnu Majah hadits no. 431; Al-Misykah hadits no. 3268; Dla’iful-Jaami’hadits no. 6218; Bahjatun-Naadhiriin hadits no. 68; Takhrij Riyaadlush-Shaalihiin hadits no. 68.

Ummu Salamah radliyallaahu ’anha mengatakan bahwa Rasulullaah shallallaahu ’alaihi wasallam bersabda (yang artinya) : ”Setiap istri yang meninggal dunia dan diridlai oleh suaminya, maka ia masuk surga” (HR. Tirmidzi; ia berkata,”Hadits ini hasan”).

Hadits ini munkar, karena di dalam sanadnya terdapat dua perawi majhul (tidak dikenal), yaitu Musawir Al-Himyari dan ibunya (karena Musawir membawa kabar ini dari ibunya). Ibnul-jauzi dalam Al-Wahiyaat (2/141) berkata,”Musawir dan ibunya adalah majhul”. Adz-Dzahabi berkata dalam Al-Mizaan,”Dalam sanadnya ada perawi yang majhul khabar (hadits) itu munkar

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 81 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: