Manfaat Aroma Terapi


Ambre, Menenangkan pikiran, mencegah penuaan dini, memperbaiki sirkulasi darah, membantu menyehatkan tubuh, menghilangkan titik-titik hitam dan kerutan pada wajah.Antiacarien, Essensial oil ini berguna untuk membasmi tungau, serangga. Penggunaan minyak ini tidak boleh dicampur dengan aroma lainnya dan harus menggunakan diffuser khusus.

Bois de santal, Essensial oil ini berguna untuk merangsang gairah, mengurangi stress dan gelisah, meredakan batuk, melancarkan buang air kecil.
Canelle, Essensial oil ini berguna untuk membantu menghilangkan kelelahan dan depresi, memperbaiki sirkulasi darah, mengurangi kejang otot serta mengurangi rasa sakit encok/rematik, membantu mengatasi perut kembung.

Caramel, Essensial oil ini berguna untuk mencerahkan pikiran, merangsang gairah, menghangatkan, memberi rasa nyaman dan kenangan manis masa kanak-kanak, membantu meredakan ketegangan, rasa gugup dan stress.

Cedre du liban, Merangsang gairah, meredakan ketegangan, rasa gugup dan stress, meredakan radang tenggorokan dan batuk, membantu masalah kulit berminyak, jerawat, ketombe dan rambut rontok.

Cyphre, Menambah semangat dan menyejukkan jiwa, meredakan batuk, flu dan pilek serta melancarkan sirkulasi darah.

Eucalyptus, Essensial oil ini berguna untuk membersihkan, menyegarkan dan mengatasi hidung tersumbat. Antiseptic dan anti virus. Mengatasi masalah asma, sinus, infeksi saluran pernafasan, bronchitis, demam dan flu.

Feulille de menthe, Menyejukkan, menyegarkan dan membuat rileks, membantu mengurangi gejala mual dan masalah pencernaan, sakit kepala, kelelahan mental, gejolak selama menopause, efektif menyembuhkan flu.

Lavander, Essensial oil ini berguna untuk mengurangi perasaan cemas dan gelisah, menyeimbangkan tekanan darah tinggi, anti depresi, menghilangkan rasa sesak atau hidung tersumbat, mengatasi insomnia, jerawat dan eksim.

Lavandoranger, Essensial oil ini berguna untuk mengurangi insomnia, menyeimbangkan tekanan darah tinggi. Direkomendasikan bagi penderita masalah susah tidur.

Oceane, Essensial oil ini berguna untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, memulihkan kejernihan pikiran dengan cepat, mengurangi kegelisahan dan menciptakan suasana tenang dan menyejukkan.

Pacthtouli, Menghilangkan kegelisahan, memperbaiki pembuluh darah, meredakan batuk, membantu menetralisir racun akibat kelebihan obat kimia dalam tubuh.

Pyrethre, Essensial oil ini berguna untuk anti serangga dan antiseptic, melancarkan saluran pernafasan, membantu masalah encok, rematik dan sakit tulang lainnya, meringankan masalah jantung, darah tinggi, sakit kulit, gatal-gatal dan infeksi tenggorokan.

Aromaterapi seringkali diartikan sebagai segala jenis terapi dengan memakai beragam aroma/wewangian. Bahkan, deterjen atau pewangi lantai yang diberi pewangi pun sering dianggap sebagai aromaterapi. Benarkah demikian?

Menurut dr. Rachmi Primadiati, MN.Med, DArom, Dherb.Med, CIDESCO, CIBTAC, BABTAC, spesialis kecantikan dan medical aromatherapyst, tidak semudah itu menganggap semua harum-haruman sebagai aromaterapi. “Aromaterapi itu satu teknik terapi menggunakan minyak esensial tumbuhan. Ada yang dihirup, diminum, dioleskan, atau dipijatkan.”

Manfaat aromaterapi juga tak sekadar perawatan kecantikan atau merilekskan tubuh. Ada fungsi lain yang lebih ‘mulia’, mengobati tubuh dari penyakit-penyakit ‘serius.’

Berbeda dengan obat kimiawi sintetis, pemakaian minyak esensial tumbuhan tidak dianggap benda asing di dalam tubuh, sehingga tidak memperberat kerja organ-organ tubuh. Menurut Dr. Dietrich Gumbel, Ph.D, penulis buku Principles of Holistic Skin Therapy with Herbal Essence, tumbuhan memiliki komposisi yang sama persis dengan manusia.
Menurut Gumbel, minyak esensial akan masuk ke sirkulasi tubuh. Minyak esensial yang dioles di kulit akan terserap masuk ke lapisan kulit dalam, mencapai sirkulasi darah dan menuju organ sasaran untuk berefek.

Sejauh ini, semua penyakit bisa disembuhkan dengan metode aromaterapi medis, baik secara langsung maupun diintegrasikan dengan cabang ilmu kedokteran lain, khususnya antar-cabang kedokteran naturopati.

Untuk pengidap jantung koroner, misalnya, pasien akan dibantu aromaterapi yang dikombinasikan dengan hidroterapi (terapi dengan air, misalnya spa) untuk mengurangi sumbatan. Sedangkan pada pasien stroke, fungsi pengobatan aromaterapinya adalah membantu memperlancar sirkulasi darah, getah bening, memperkuat fungsi saraf, dan menambah kekuatan otot.

Di Amerika dan Eropa, terapi aroma sudah diakui sebagai cabang ilmu kedokteran dan masuk ke dalam bidang ilmu naturopati. “Bahkan di negara-negara Eropa dan Amerika, pengobatan dengan cara alami sudah dapat dicover oleh asuransi, lo,” cetus Rachmi yang lama tinggal di Amerika dan Eropa ini.

Meskipun secara mendasar pengobatan aromaterapi berbeda dengan cara pengobatan konvensional, namun dalam proses pemeriksaannya sama saja. “Jika diperlukan, tetap dilakukan pemeriksaan laboratorium, MRI, atau rontgen.”

Tidak semua tumbuhan bisa mengeluarkan minyak esensial. Hanya tumbuhan berbau wangilah yang mengeluarkan minyak seperti ini. Sumbernya bisa dari kelenjar tertentu di dalam akar, umbi, batang, daun, buah, biji, atau bunganya.

Minyak esensial jahe, dihasilkan kelenjar yang terdapat pada umbinya, sedangkan mawar ada di bunga serta batangnya. Minyak ini bisa disebut sebagai life force dari tumbuhan, dan kadarnya hanya 0.01-0.1 persen saja. “Diperlukan tumbuhan dalam jumlah banyak untuk menghasilkan minyak esensial yang cukup. Misalnya, untuk satu sendok makan minyak esensial mawar (sekitar 10 cc), diperlukan 100 kg bunga,”

Untuk orang yang memiliki sifat agresif, pemarah, tak sabar, aktif, mudah stres, maka jenis minyak yang digunakan adalah relaxing atau calming seperti camomile, jasmin, atau rose.

Sedangkan orang yang memiliki sifat tenang, depresif, introvert, maka jenis minyak yang digunakan adalah uplifting atau stimulating seperti basil, lemon, violet.

Berobat ke dokter ahli aromaterapi pun berbeda dengan berobat ke dokter biasa. Butuh setidaknya 45 menit untuk wawancara karena dokter harus tahu sifat dasar si pasien. Minyak esensial dari tumbuhan tertentu hanya cocok untuk orang dengan karakter tertentu pula.

Diagnosa baru bisa diambil setelah dokter mengorek segala sesuatu tentang diri si pasien, termasuk karakter, pola hidup, pola makan, dan cara menyelesaikan persoalan hidup.

Beragam akibat bisa ditimbulkan dari kesalahan pemberian jenis atau dosis minyak esensial. Dampak tersebut bisa ringan (misalnya iritasi kulit), bisa pula berat (misalnya keguguran kandungan). Penggunaan minyak esensial bisa dilakukan beberapa cara, tergantung kebutuhan. Bisa dihirup, dioleskan ke kulit, atau dimasukkan ke dalam tubuh. Lavender, misalnya, jika diberikan tak sesuai dosis, bukannya akan menenangkan dan membuat mudah tidur, tapi malah membuat kita terjaga semalaman karena mata tak mau diajak terpejam.

About these ads

11 Komentar to “Manfaat Aroma Terapi”

  1. Pak Abu Al-Maira, Saya sensitif terhadap wewangian tertentu. Sebagai contoh, untuk didalam mobil saya hanya cocok dengan produk Ambipur. Selain produk tersebut saya akan menderita pusing-pusing, dan yang terparah- maaf – saya muntah-muntah. Pernah saya coba aroma therapy ini, saya juga pusing-pusing. Apakah mungkin itu perbedaan produk sintetis dan esensial ?

  2. Selama produk menggunakan tambahan kimia, tentunya sedikit banyak akan ada dampak bagi badan.

    Tapi kalo saya cenderung menggunakan aroma terapi murni.

    Kalau anda menderita pusing2, mungkin seperti yang ada dipostingan di atas, aroma terapi yang digunakan tidak cocok untuk anda.

    Ada baiknya ke dokter ahli aroma terapi untuk mengetahui jenis essence yang cocok, tapi saya juga belum tahu tempatnya dimana.

  3. beli obatnya dimana

    Abu Al Maira :

    *** Wah banyak, di mal-mal banyak mas. Di Pasar Raya Blok M dan Sarinah Thamrin juga ada. ***

  4. Pak Abu Al-Maira, saya mempunyai keluhan sering pusing-pusing lalu saya mencoba aroma terapi yang sering dijual di mal dalam bentuk botol kecil yang penggunaannya dengan membakarnya pada tungku kecil lalu dihirup uapnya. Pada botol bertuliskan “Narwastu” frangipani, fragrance oil. Sekarang keluhan pusing- pusing saya sudah berkurang tetapi menjadi lebih sering mengantuk. Sebenarnya aroma terapi yang saya pakai ini termasuk jenis yang mana dari penjelasan Bapak diatas, apa mungkin dosis yang saya pakai terlalu banyak, berapa dosis yang dianjurkan per cc air sebagai pelarutnya/hari ?

    Abu Al Maira :

    Wah, sebelumnya saya minta maaf, karena saya bukan pakar/ahli aromatherapy. Kalau masalah mudah mengantuk, mungkin minyak tersebut lebih bersifat menenangkan. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan ahli/pakar aromatherapy.

  5. Arsa EXotic Spa Product
    From the island of god, this is natural spa product that has come to define Bali as the centre of the holistic spa experience. Reflecting the scared balance of Balinese spices, we have sourced elements used in this product from the varied terrain of the island.

    arsa Exotic spa as a company which attempt spa product sector, among others
    – Message Oil
    – Essential Oil
    – Fragrance Oil
    – Bath, Body Scrub
    – Shampoo
    – Conditioner
    – Shower Gel (Bath Gel)
    – Bath Foam
    – Bath Oil
    – Hydrating Mist
    – Body Lotion
    – Body mask

    all of them are made from natural spices with hight quality and processed by people who really pay attention to hygienic.

    we expand the natural product which not change the natural characteristic of those species so they are scure for sensitive skin and secure to use in short term and long term.

    for view our product please visit http://www.arsahandicraft.wordpress.com
    for request price email to sales@arsahandicraft.com

    No limit capacities, and guarantee time schedule

  6. saya tertarik dengan eucaliptus, untuk anak saya yang sering pilek dan batuk. apakah itu juga di jual di mall2? atau di apotik?

    Abu Al Maira :

    Ada baiknya Mbak mencari toko2 yang benar2 memang menjual aroma therapy. kalau yang di mal-mal [etalase2], saya kurang yakin…

  7. apakah minyak terapi bisa untuk manghilangkan bau amis, seperti minyak bulus dan apakah minyak terapi bisa untuk mengobati berbagai macam penyakit kulit, seperti borok, gatal2, kutu air, kaki pecah2 ,dan sejenisnya.

    terima kasih.

  8. keren informasinya
    saya sering pake green tea dan jasmin
    hasilnya keren
    saya lebih relax dan segar

    • Halo mas Satya,

      Sepengetahuan saya, green tea bukan merupakan essential oil melainkan fragrance oil yang artinya pewangi berbahan kimia. Wewangian berbahan kimia tidak memberikan khasiat aromaterapi apapun melainkan hanya memberikan sensasi wewangian seperti halnya pewangi ruangan biasa. Sedangkan jasmine oil yang asli harganya relatif mahal, mencapai ratusan ribu rupiah untuk ukuran 5ml. Jadi coba Anda cek minyak esensial yang Anda biasa beli untuk memastikan Anda mendapat khasiat aromaterapi yang sebenarnya

  9. bisa membantu sya utk mendapatkan barangnya, untuk saya pakai sendiri dimana bisa didapat ? saya membutuhkan sekali.

    Abu al Maira :

    Coba cari di pusat2 perbelanjaan…

  10. Informasi yang bermanfaat. Aromaterapi memang dikenal memiliki khasiat kesehatan untuk mind, body and soul, bukan
    sekedar wewangian biasa. Asalkan Anda jangan terkecoh memilih minyak esensial sintetis yang hanya bisa menduplikasi wangi tanpa memberi khasiat aromaterapi apapun.

    Salam,
    Minyak Angin Aromaterapi FLOSH | Kaya Khasiat Aromaterapi

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 83 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: