ASAM URAT / GOUT


PENYAKIT gout adalah penyakit yang disebabkan oleh kristal urat di jaringan. Biasanya yang terkena adalah jaringan sendi. Kristal urat ini dapat menimbulkan radang akut dengan gejala seperti yang Anda ceritakan. Sendi bengkak, berwarna kemerahan, panas dan nyeri. Acapkali penumpukan kristal urat tersebut membentuk benjolan yang disebut tofus.

Penyakit gout ini termasuk sering dijumpai. Penelitian di Sulawesi Selatan menunjukkan gout dialami sekitar 10 persen penduduk laki-laki dan 4 persen penduduk perempuan.

Peningkatan asam urat di darah tidak selalu diikuti oleh radang sendi akut. Pada peningkatan asam urat yang tanpa gejala (asimtomatik) kadar asam urat di darah tinggi, tetapi tidak terjadi gejala radang sendi akut, tofus, atau batu urat saluran kemih.

Serangan radang sendi yang akut biasanya terjadi mendadak. Serangan dapat terjadi malam hari, sehingga pasien terbangun dari tidur. Serangan ini mencapai puncaknya dalam waktu yang singkat. Radang sendi ini biasanya akan menghilang dalam sepuluh hari. Pada pasien yang mengalami serangan radang sendi akut akibat kristal urat ini tidak selalu didapatkan kadar asam urat tinggi. Sekitar 12,5 persen penderita asam uratnya normal.

Pengobatan gout meliputi pengobatan fase akut, pengobatan jangka panjang untuk mengatasi kadar asam urat tinggi, dan pencegahan serangan. Pada pengobatan fase akut digunakan obat antiradang. Biasanya digunakan obat yang disebut kolsikin. Obat lain yang dapat digunakan adalah obat golongan anti-inflamasi nonsteroid. Selain itu obat kortikosteroid juga dapat digunakan bila terdapat kontra indikasi penggunaan kolsikin atau obat anti-inflamasi nonsteroid.

Untuk mengontrol kadar asam urat perlu membatasi purin (jenis protein) dalam makanan. Kadar purin tinggi didapatkan pada antara lain usus, hati, limpa, udang, dan kacang tanah. Jika kadar asam urat tinggi tanpa ada gejala biasanya tidak diperlukan terapi, kecuali kadar asam urat darah melebihi 9 mg/dl.

Selain diet penurunan kadar asam urat dapat dibantu dengan obat. Pencegahan serangan radang sendi (artritis) gout dapat dilakukan dengan cara pemberian kolsikin. Obat ini dapat diberikan dalam jangka panjang untuk mencegah serangan artritis gout berulang.

Beberapa macam obat seperti obat pelancar kencing (diuretika golongan tiazid), asetosal dosis rendah, fenilbutazon dan pirazinamid dapat meningkat kadar asam urat. Alkohol juga perlu dihindari karena alkohol dapat menurunkan pengeluaran asam urat dari tubuh.

Kadar asam urat tinggi dapat menyebabkan perubahan pada ginjal berupa nefropati gout. Pada ginjal dapat terjadi penumpukan kristal urat di jaringan ginjal. Selain itu kadar asam urat yang tinggi pada urin dapat menyebabkan nefropati asam urat dan batu asam urat di ginjal.

Nah, tampaknya Anda sebagai seorang pengusaha mulai harus mengubah pola makan menjadi pola makan yang sehat. Jangan lupa minum air yang cukup dan hindari minuman beralkohol. Di tengah kesibukan Anda, jangan lupa pula berolahraga. Mudah-mudahan usaha Anda sukses serta Anda dalam keadaan sehat.

Sering kesemutan, persendian terasa kaku, disertai nyeri, segeralah memeriksakan darah ke laboratorium. Jika sudah dipastikan terdapat kelebihan kandungan asam urat dalam darah, sebaiknya melakukan perawatan intensif.

Orang awam umumnya mengetahui jika sering mengalami berbagai gejala tersebut maka disimpulkan telah mengidap penyakit asam urat.

Dalam istilah medis asam urat disebut artritis gout atau sering juga disebut gout. Penyakit ini merupakan salah satu dari 150 jenis rematik yang telah dikenal selama ini. Jenis ini umumnya diderita orang yang sejak muda mengkonsumsi makanan yang mengandung zat-zat purin tinggi.

Purin banyak terdapat dalam jeroan (otak, paru, usus, jantung, babad), daging, ikan laut tertentu seperti salmon dan sardin, kerang, tape, kacang-kacangan, emping. Bahan makanan hewani ini dan berbagai jenis buah dan sayuran dipastikan mengandung purin.

Gout adalah sisa metabolisme zat-zat purin dalam makanan. Dapat juga diakibatkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal ataupun karena penyakit tertentu.

Agar tidak berisiko menderita gout, sebaiknya menghindari makanan yang mengandung purin. Terutama pada orang yang telah dinyatakan mengalami kelebihan asam urat. Kadar asam urat atau uric acid dalam darah dianggap normal jika memiliki kandungan sebanyak 7 mg. Kelebihan asam urat jika asam urat dalam darah mencapai 9 mg atau lebih.

Kadar asam urat dalam darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit. Antara lain gagal ginjal, menimbulkan batu ginjal, dan jantung koroner. Atau bahkan muncul penyakit lain seperti diabetes mellitus.

Kelebihan asam urat dapat disebabkan oleh menurunnya kemampuan tubuh membuang asam urat melalui urin. Sebab lain adalah meningkatnya konsumsi bahan-bahan makanan yang mengandung banyak purin. Kelebihan asam urat cenderung akan terkumpul di persendian-persendian.

Penumpukan asam urat paling sering terjadi pada sendi di pangkal jempol kaki. Tetapi dapat pula menyerang persendian lain, seperti sendi-sendi pada jari-jari tangan, pergelangan tangan, siku, lutut, dan pergelangan kaki. Sendi yang terkena terlihat bengkak, kemerahan, terasa panas, dan luar biasa nyerinya. Rasa nyeri terutama terasa di malam hari atau pagi hari ketika bangun tidur.

Dengan pengobatan tertentu kelebihan asam urat dapat dikontrol sehingga kadar asam urat dalam tubuhnya normal. Namun, karena sudah memiliki kecenderungan penumpukan asam urat di dalam tubuh dianjurkan selalu mengontrol makanan yang dikonsumsi. Semua faktor yang dapat meningkatkan risiko penumpukan asam urat harus dihindari, misalnya stres, kegemukan, dan minum minuman beralkohol.

Selain itu, harus banyak minum air putih. Banyak minum mencegah saturasi atau penjenuhan asam urat di dalam darah sehingga kecenderungan pengendapan asam urat di persendian dapat dikurangi. Banyak minum juga mendorong sering buang air kecil yang juga berarti membuang asam urat dari dalam tubuh.

Olah raga yang teratur dan relaksasi adalah cara lain untuk mengontrol asam urat. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter dan ahli gizi. Seseorang yang mempunyai kecenderungan kelebihan asam urat ternyata dapat mengidap sakit yang lain sehingga memerlukan penanganan khusus.

3 Komentar to “ASAM URAT / GOUT”

  1. Mohon info, apakah betul mengkonsumsi buah jambe merah dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah ?

  2. Alhamdulillah, dengan website ini,
    tapi dalam rubrik penyakit seperti Asam urat ini, mengapa tidak ada rekomendasi pencegahan dan pengobatan, terutama obat-obat yang sesuai dengan Tibun Nabawi?

    Abu Al Maira :

    Afwan sebelumnya, ana sendiri belum dapat menemukan pengobatan ala tibun nabawi untuk asam urat. Tetapi pada intinya adalah, puasa dan tidak berlebih2an dalam makanan adalah kunci untuk mencegah asam urat.

    Jika antum tertarik dengan topik tibun nabawi, ada baiknya antum kunjungi blog sahabat ana akh Suryadhie. Insya Allah beliau dapat membantu antum lewat blognya.

  3. Hari ini kaki saya nyeri luar biasa, ternyata ALLAH menitipkan asam urat yang tinggi 8,7mg, ah sungguh penyakit tidak mengenal usia 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: