Obat Herbal Bunga Kenop [Gomphrena Globosa L.]


bunga-kenop.jpg

Bunga Kenop ditanam di pekarangan dan di tanam sebagai tanaman hias atau tumbuh liar di ladang yang cukup mendapat sinar matahari. Tumbuhan yang berasal dari Amerika tropis ini dapat ditemukan pada ketinggian 1-1.300 m dpl.

Sifat dan Khasiat
Rasanya manis, sifatnya netral. Bunga kenop berkhasiat sebagai obat batuk, obat sesak napas, peluruh dahak dan obat radang mata.

Kandungan Kimia
Gomphrenin I, Gomphrenin II, Gomphrenin III, Gomphrenin V, Gomphrenin VI dan amarathin. KAndungan minyak asiri, flavon atau saponin mempunyai khasiat sebagai peluruh dahak.

Bagian yang Digunakan
Bagian yang digunakan adalah bunga atau seluruh herba segar atau herba .kering

Indikasi
Bunga berkhasiat untuk pengobatan
• Batuk rejan (pertusus),
• TB Paru disertai batuk darah,
• Sesak napas (Asma Bronkial),
• Radang saluran napas akut dan menahun,
• Radang mata,
• Sakit Kepala,
• Panas dan kejang pada anak karena gangguan hati, mimpi buruk pada anak,
• Disentri, dan
• Tidak lancar buang air kecil

Herba digunakan untuk:
• Menambah nafsu makan
Cara Pemakaian
Untuk obat yang diminum, rebus 9-10 bunga segar atau 3-9 g bunga kering lalu air rebusannya diminum.

Untuk pemakaian luar, cuci herba segar seutuhnya sampai bersih, lalu giling sampai halus. Turapkan ramuan ini ke bagain tubuh yang sakit, seperti bengkak/memar akibat terbentur benda keras. Selain itu tanaman segar dapat direbus dan airnya digunakan untuk mencuci koreng.

Contoh Pemakaian
Sesak napas karena Asma Bronkitis
Rebsu 10 kuntum bunga kenop dalam tiga gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Tambahkan arak kuning sebanyak satu seloki. Minum ramuan sehari tiga kali, masing-masing 1/3 gelas. Lakukan tiap hari sampai sembuh.

Bronkitis Kronis
Suntikan ramuan obat suntik bunga kenop, pada beberapa akupunktur. Sekitar 10% penderita yang mendapat suntikan ini akan mengeluhkan rasa kering di tenggorokan walaupun hanya sementara.

Kencing tidak Lancar
Rebus 3-10 g bunga kenop dalam tiga gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum dua kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Panas pada anak karena gangguan hati (liver)
Cuci 7-14 kuntum bunga kenop segar sampai bersih, lalu rebus dalam tiga gelas air bersih sampai tersisa 1 1/2 gelas. Setelah dingin saring dan air saringannya diminum sehari tiga kali, masing-masing 1/2 gelas.

Disentri
Rebus 10 kuntum bunga kenop segar dalam 100 cc arak kuning sampai mendidih (selama 15 menit). Setelah dingin, saring dan minum sekaligus. Lakukan 2-3 kali sehari.

Menambah nafsu makan
Cuci 20g herba segar sampai bersih, lalu rebus dalam tiga gelas air sampai tersisa dua gelas. Setelah dingin saring dan air saringannya diminum. Sehari dua kali, masing masing satu gelas.

Sumber:

Atlas Tumbuhan Obat Ind/Dr. setiawan Dalimartha/HD

5 Komentar to “Obat Herbal Bunga Kenop [Gomphrena Globosa L.]”

  1. Allah SWT tidak menciptakan sesuatu dengan sia-sia, tumbuhan dengan izin Allah dapat menyembuhkan. Artikelnya bagus sebagai data tambahan untuk pengobatan alternatif…. 🙂

  2. hallo bagaimana cara mendapatkan tumbuhan kenop, saya kena bronkitis dan saya sangat tersiksa dengan penyakit ini

    Abu Al Maira :
    Maaf, saya belum bisa membantu. Tapi untuk mendapatkan informasi, baiknya anda tanya kepada Departemen Pertanian, insya Allah dapat info untuk mendapatkannya

  3. saya didiagnosa bronkitis, batuk saya sudah 3 bulan lalu apa yang dapat saya lakukan untuk sembuh. mohon saran. terimakasi

    Abu Al Maira :

    Coba konsultasi ke dokter, berobat sungguh2, jalani therapy medis dan/atau herbal, sabar, dan berdoa… Insya Allah… Semoga Allah menyembuhkan anda…

  4. Assalam,,, Dokter mau tanya, untuk yang pengobatan batuk yang 9-10 bunga segar direbus berapa lama atau dari berapa gelas menjadi berapa untuk siap diminum? Matursuwun…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: