Obat Herbal Iler [Coleus scutellarioides [L.] Benth]


iler.jpg

Umumnya, iler ditanam di pekarangan sebagai tanaman hias atau tanaman obat. Herba yang berasal dari Asia Tenggara ini banyak ditemukan pada tempat-tempat yang lembab dan terbuka, seperti di pinggir selokan , pematang sawah atau di tepi jalan pedesaan pada ketinggian 1-1.300 m dpl.

Sifat dan Khasiat
Iler baunya harum, rasanya agak pahit, sifatnya dingin. Berkhasiat sebagai peluruh haid (emenagog), perangsang nafsu makan, penetralisir racun (antitoksik), menghambat pertumbuhan bakteri (antiseptik), menbuyarkan gumpalan darah, mempercepat pematangan bisul dan pembunuh cacing (vermisida).

Kandungan Kimia
Batang dan daun mengandung minyak asiri, fenol, tanin, lemak, phytosterol, kalsium oksalat dan peptic substances.

Bagian yang Digunakan
Bagian yang digunakan untuk berbagai macam penyakit adalah daun dan batang.

Indikasi
Daun digunakan untuk pengobatan;
• Wasir
• Terlambat Haid
• Keputihan
• Demam, Demam Nifas
• kencing Manis (diabetes mellitus)
• Sukar buang air besar (Sembelit)
• Gangguan Pencernaan Makanan (dispepsi)
• Cacingan

Akar digunakan untuk pengobatan;
• Perut mulas, mencret (diare)

Cara Pemakaian
Untuk obat yang diminum, rebus 5-15 lembar daun, lalu air rebusannya diminum.

Untuk pemakaian luar, cara penggunaanya sebagai berikut;
Giling daun sampai halus, lalu turapkan pada bisul, abses, borok, luka bernanah, sakit kepala, demam nifas, serta gigitan ular dan serangga berracun. Selain itu, ramuan ini dapat digunakan sebagai tapal setelah persalinan.

Cuci daun sampai bersih, lalu bilas dengan air masak. Selanjutnya, giling sampai halus, lalu saring dan air saringannya dapat digunakan sebagai obat tetes pada penderita radang telinga atau sebagai antiseptik sewaktu memotong tali pusat bayi yang baru lahir.

Rebus daun dalamair sampai mendidih (selama 15 menit). Setelah dingin, air rebusanya itu dapat digunakan sebagai obat tetes mata yang meradang atau untuk mencuci luka.

Efek Farmakologis dan Hasil Penelitian
Pada pemeriksaan pendahuluan tentang zat-zat kimia yang terkandung dalam daun iler, diperoleh informasi bahwa kadar air dalam daun iler segar sekitar 83,05 % dan kadar minyak asiri dalam serbuk daun iler sekitar 0,047 %. Senyawa kimia yang teramati adalah alkaloid, flavonoida, saponin dan minyak asiri (Suwarji Heryana JF FMIPA UNPAD 1987).

Senyawa kimia polar dari tanaman iler diduga dapat menghambat pertumbuhan sel leukimia L-1210 (Abdul Star Khan, FF UNTAG 1993).

Contoh Pemakaian

Wasir
Cuci 25g daun iler sampai bersih, lalu rebus dalam dua gelas air sampai mendidih (selama 15 menit). Tambahkan 5g gula merah sambil diaduk rata. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus.

Cuci daun iler, daun wungu, dan daun sambiloto masing-masing 7 lembar sampai bersih. Lalau rebus dalam tiga gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan tambahkan satu sendok makan madu sambil diaduk rata. Minum ramuan ini sekaligus. Lakukan dua kali sehari sampai sembuh.

Bisul, Abses, Borok
Daun iler segar sebanyak 10 lembar dicuci lalu digiling halus. Tambahkan sedikit air masak sambil diaduk sampai menyerupai bubur kental. Turapkan pada bisul, abses atau borok, lalu dibalut. Lakukan 2 kali sehari sampai sembuh.

Bisul
Cuci daun segar sampai bersih. Setelah kering, olesi dengan minyak kelapa. Layuakn diatas api dan tempelkan pada bisul selagi hangat. Pengobatan ini dilakukan tiga kali sehari.

Demam, Demam Nifas
Sediakan daun iler, daun jinten (Coleus amboinicus Lour), daun sambiloto, daun srigading, daun legundi (Vitex trifolia L.), daun sendok, maisng-masing 1/4 genggam, asam kawak sebesar telur ayam, gula enau sebesar tiga jari. Cuci bahan-bahan tersebut, lalu rebus dalam empat gelas air sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sehari tiga kali, masing-masing 3/4 gelas.

Radang Telinga
Cuci 10 lembar daun iler segar, lalu tumbuk sampai halus. peras dan saring menggunakan sepotong kain. Air perasan yang terkumpul dapat diteteskan pada telinga yang sakit. Lakukan 4-6 kali sehari, setiap kali 2-3 tetes. Untuk keesokan harinya gunakan cairan yang baru.

Sembelit
Cuci daun iler dan daun jinten (masing-masing 5 lembar), pegagan dan daun saga (masing-masing 1/2 genggam), 1/2 lembar daun pepaya, rimpang kunyit dan rimpang temu lawak (masing-masing sebesar 1/2 jari tangan) dan gula enau sebesar 3 jari. Selanjutnya potong bahan-bahan seperlunya, kemudian rebus dalam empat gelas air sampai tersisa separonya. Setelah dingin saring dan air saringannya siap untuk diminum. Ramuan ini dapat diminum sehari dua kali, masing-masing satu gelas.

Terlambat Haid
Cuci enam lembar daun iler segar sampai bersih, lalu rebus dalam 2 gelas air bersih sampai tersisa separonya. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum seklaigus.

Cuci 7 lembar daun iler segar dan kunyit sebesar satu jari sampai bersih. Tambahkan garam seujung sendok teh, lalu tumbuk. Setelah halus, masukkan satu sendok makan air jeruk nipis dan tiga sendok makan air masak. Aduk rata, lalu peras dan saring. Minum air saringannya sekaligus. Lakukan 2 kali sehari, pagi dan sore hari.

Mengeluarkan cacing gelang dari perut
Cuci 7 lembar daun iler segar, lalu giling sampai halus. Tambahkan 1/2 cangkirair minum dan satu sendok makan madu. Aduk ramuan tersebut sampai rata, lalu peras dan saring. Air saringannya dapat diminum sekaligus diwaktu malam sebelum tidur.
Ramuan ini dianjurkan selama 3 malam berturut turut.
Kencing manis
Cuci daun iler, daun salam dan daun sambiloto segar masing masing 6 lembar, lalu rebus dalam tiga gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus sekaligus 1/2 jam sebelum makan. Lakukan 2 kali sehari pagi dan sore.

Keputihan
Cuci 7-10 lembar daun iler yang baru dipetik sampai bersih. Masukkan ke dalam panci email, lalu tuangkan tiga gelas air bersih kedalamnya. Selanjutnya rebus sampai airnya tersisa separonya, setelah dingin. Saring dan tembahkan satu sendok makan madu dan diaduk rata. Bagi ramuan ini menjadi tiga bagian yang sama banyak, untuk diminum pagi, sing dan sore hari.

Mulas, Sakit perut
Cuci tiga potong akar iler segar sampai bersih, lalu potong-potong seperlunya. Selanjutnya rebus dalam dua gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.

Gangguan pencernaan (Dispepsi)
Cuci 10 lembardaun iler segar, lalu rebus dalam 2 gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sehari dua kali. Masing-masing 1/2 gelas.

Catatan
Ibu hamil dilarang minum ramuan rebusan daun iler karena bisa menyebabkan keguguran.

Sumber:

Atlas Tumbuhan Obat Indonesia/Hda satu gelas.

Iklan

One Comment to “Obat Herbal Iler [Coleus scutellarioides [L.] Benth]”

  1. bagaimana saya dapat membeli tanaman tsb ? mohon bantuannya agar memberikan informasi yang jelas.
    Terima kasih.

    Abu Al Maira :

    ***Maaf mbak, baiknya anda menghubungi Deptan yang ada di pasar minggu. Insya Allah di sana infonya jelas. Kalau mau simple, anda bisa tanya ke tukang jual tanaman. ***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: