Dasar Penetapan Fatwa MUI


Mengingat penetapan Fatwa Halal merupakan bagian dari penetapan fatwa secara umum, pembahasannya disesuaikan dengan Pedoman Penetapan Fatwa MUI. Dalam hal ini dasar-dasar umum penetapan tertuang dalam Bab 2 Pasal 2, yang terdiri dari tiga ayat, sebagai berikut:

• Setiap keputusan Fatwa harus mempunyai dsar Al Quran dan sunnah rasul yang Mu’tarabah, serta tidak bertentangan dengan kemaslahatan ummat.
• Jika tidak terdapatp di dalam Al Quran dan sunnah Rasul, sebagaimana ditentukan pada pasal 2 ayat 1, maka Keputusan Fatwa hendaklah tidak bertentangan dengan ‘ijma, Qiyas yang Mu’tabar dan dalil-dalil hukum yang lain, seperti Istihsan, Mashilah al Mursalah, dan Saddu az-Zari’ah.
• Sebelum pengambilan Keputusan Fatwa, hendaklah ditinjau pendapat-pendapat imam mazhab terdahulu, baik yang berhubungan dengan dalil-dalil hukum maupun yang berhubungan dengan dalil yang dipergunakan oleh pihak yang berbeda pendapat, serta pandangan penasihat ahli yang dihadirkan.

Ayat pertama itu menyatakan bahwa fatwa harus sesuai Al Quran dan Al Hadits, serta harus membawa kemaslahatan ummat. Ketentuan ayat ini merupakan kesepakatan dan keyakinan ummat Islam bahwa setiap fatwa harus berdasarkan pada kedua sumber hukum tersebut. Fatwa yang bertentangan atau tidak didasarkan dengan keduanya dipandang tidak sah; bahkan dianggap sebagai “tahakkum” (membuat hukum tanpa dalil yang benar) dan perbuatan dusta terhadap Allah SWT.

Mengenai sunnah Rasulullah saw dalam penetapan fatwa dilakukan MUI hanyalah sunnah yang mu’tarabah yang dapat dijadikan hujjah. Sedangkan, mengenai kemaslahatan, hal ini sejalan dengan tujuan pensyari’atan hukum Islam.

Dari penjelasan ini, maka dalam menetapkan Fatwa, terlebih dahulu harus merujuk kepada Al Quran dan Al Hadits, serta harus membawa kemaslahatan ummat.

One Comment to “Dasar Penetapan Fatwa MUI”

  1. Apakah MLM yang berbentuk pulsa termasuk katagori ghoror atau tidak? yang hanya mendaftarkan nama dengan uang sekian kemudian cari anggota, apabila dapat anggota akan mendapat bonus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: