Kandungan Vitamin & Mineral Buah – Guava Adalah Buah Terbaik


guava-lg.jpg

Guava adalah buah dengan kandungan vitamin dan mineral yang baik dan berimbang. Untuk setiap 100gr Guava, terdapat 17gr gula, 1gr protein, 81% air, enerji 306Kj/72 Kcal, Vit b6 0.14mg, vit c 218mg, 5.3gr serat, vit a 30ug, vit b1 dan b2 masing-masing 0.04mg.

Sedangkan buah dengan kandungan gula tertinggi per 100gr buah adalah kesemek = 18.6gr, lychee = 18gr, dan pisang = 20.4gr. Sedangkan buah dengan kandungan gula terendah per 100gr buah adalah tomat yang hanya mengandung 1.9gr.

Sebagian besar, buah tidak mengandung lemak [atau sangat sedikit sekali]. Terkecuali, untuk alpokat dan zaitun. Untuk tiap 100gr alpokat mengandung 10gr lemak, dan zaitun sebesar 14gr lemak.

Untuk kandungan protein, tiap 100gr buah, alpokat dan blackberry masing-masing mengandung 2gr dan pisang mengandung 1.2gr. Sedangkan cherry, cranberry, lemon, mangga dan papaya, tidak mengandung protein [0gr protein/100gr buah].

Air, adalah salah satu komposisi buah. Tomat adalah buah dengan kandungan air terbanyak, 97%/100 gr buah. Sedangkan lemon sebanyak 96% dan melon 93%. Sedangkan buah dengan kandungan air yang sedikit adalah pisang [76%/100gr buah], zaitun [75%] dan blueberry [80%].

Jika anda membutuhkan kalori yang banyak, maka anda bisa mengkonsumsi alpokat [523Kj/126Kcal per 100gr buah], pisang [375Kj/88Kcal] dan zaitun [586kj,142kcal]. Sedangkan jika anda ingin diet kalori, maka minumlah juice lemon [51kj/12kcal] atau tomat dan wortel [masing-masing 48kj/11kcal].

Untuk mempercantik kulit, maka kita membutuhkan vit E. Maka, sebaiknya kita mengkonsumi alpokat [3.2mg Vit E / 100gr buah], kiwi [1.9mg] dan zaitun [2mg].

Untuk vit C, kandungan terbanyak dikandung oleh guava [218gr/100 gr buah], blackberry [150gr] dan kiwi [70gr]. Sedangkan kandungan vit C terendah terdapat di anggur [3gr], tomat [2gr] dan zaitun [0gr].

Untuk vit b6, kandungan terbanyak dikandung oleh alpokat [0.36mg/100 gr buah], guava [0.14mg] dan mangga [0.13mg]. Sedangkan kandungan vit b6 terendah terdapat di kesemek, lychee dan zaitun [0gr].

Jika anda ingin konsumsi kaya serat, blackberry mengandung 8.7gr/100gr buah, blueberry [8.4gr] dan zaitun [4.4gr]. Kebalikannya, jeruk mandarin hanya mengandung 0.5gr, jeruk limau [0.3gr] dan alpokat [0.2gr].

Vitamin A terbaik dikandung dalam apricot [420ug/100gr buah], kesemek [260ug] dan wortel [312ug]. Sedangkan yang terendah dikandung oleh anggur, cranberry, frambos, jeruk limau, lemon, lychee, dan pear [0ug].

Vitamin b1 terbaik dikandung dalam blackberry dan jeruk mandarin [0.08mg/100gr buah], alpokat dan jeruk [0.07mg]. Sedangkan yang terendah dikandung oleh peach, kiwi dan pear [0.01mg]; dan cranberry [0mg].

Vitamin b2 terbaik dikandung dalam zaitun [0.08mg/100gr buah], mangga [0.06mg], apricot, lychee dan melon [0.05mg]. Sedangkan yang terendah dikandung oleh anggur, apel, cranberry, frambos, dan pear, masing-masing 0.01mg.
Sumber :
Fruitpages

Iklan

7 Komentar to “Kandungan Vitamin & Mineral Buah – Guava Adalah Buah Terbaik”

  1. Guava ini sering saya buat menjadi stup, pak Abu. Jadi namanya stup jambu. Saya dapatkan saat saya kuliah di Jogja dulu. Untuk berbuka puasa sangat menyegarkan dan rasanya sangat unik.
    Caranya sangat mudah, cari guava yang setengah matang, direbus dalam panci dengan dibumbui kayu manis dan cengkeh secukupnya, dan diberi gula pasir. Rebus sampai matang, setelah itu didiamkan hingga suam-suam kuku, atau di simpan dalam kulkas bila suka yang dingin…

  2. pak, buah apa yang dapat memutihkan kulit? terima kasih

    Abu Al Maira :

    Wah maaf saya juga gak tahu….

  3. wah.. saya kira selama ini jeruklah kandungan tertinggi vit.c

  4. Untuk memutihkan kulit, pakai bengkoang. 🙂
    bengkoang buah nggak ya?

    Terus ini nih, kalo sariawan, bagus makan Guava ini.

    pernah aku mau bikin jus guava, dtapi kok nggak bisa lewat disaringan, udah dibuat yang kasar pun nggak lewat juga. maksudnya mau memisahkan bijinya. 🙂 ada yang tahu?

  5. buah guava ini klo diberikan pd bayi usia 7-8bulanan boleh gak…,yah dg di buat jus, tapi klo boleh apa perlu direbus dulu buahnya seperti buah tomat atau wortel. makasih

  6. kalo mo buat jus, yg plng baik pake juice ato juicer ya ???????

  7. Cranberry belinya dimana ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: