Hukum Minum Sambil Berdiri Dalam Islam


 Dari Umar bin Hamzah, dari Abu Ghithfan Murri dari Abu Hurairah, Rasulullah shalallahu alaihi wasalam bersabda, “Sungguh janganlah salah seorang dari kamu minum sambil berdiri“. [HR Muslim 6/110-111].

Hadits yang senada juga dikatakan oleh Abu Hurairah, dari Nabi shalallahu alaihi wasalam bahwa sesungguhnya beliau melihat seorang lelaki minum dengan berdiri. Kemudian beliah bersabda kepadanya, “Muntahkanlah!” Orang itu bertanya: “Mengapa?” Beliau bersabda, “Apakah kamu suka jika minum bersama dengan kucing?” Orang lelaki itu menjawab “Tidak”. Dia bersabda lagi, “Sesungguhnya telah minum bersamamu sesuatu yang lebih buruk dari itu, yaitu setan!” [HR Ahmad 7990, Ad Darimi, Ath Thawawi dalm Muskilul Atsar 3/19 dari Syu’bah dari Abu Ziyad]

Hadits lainnya, “Jikalau orang yang minum sambil berdiri itu mengetahui apa yang ada dalam perutnya, tentu dia akan memutahkannya.” [HR Ahmad 7790&7796 dari Az Zuhri dari seorang lelaki dan A’masy dari Abi Shalih]

Hadits dari Qatadah dari Anas secara marfu’, “Nabi shalallahu alaihi wasalam melarang [dalam satu riwayat mencela] terhadap minum dengan berdiri“. [HR Muslim I/110, Abu Dawud 3717, At Tirmidzi 3/111, Ad Darimi 2/120-121, Ibnu Majah 2/338, Ath Thwawi dalam Syarh Al Ma’ani 2/357 dan Al Musykil 3/18 & 2/332, Ahmad 3/118, Aby Ya’la 156/2, Adh Dhiya’ dalam Al Mukhtarah 205/2]. Dalam riwayat Muslim dan lainnya terdapat lafazh “Qatadah berkata: “Kemudian kami berkata : “Kalau makan?” Beliau bersabda: “Itu lebih buruk dan lebih keji.”

Larangan dalam hadits-hadits tersebut menunjukkan haramnya minum dengan berdiri tanpa udzur. Banyak pula hadits lain yang menunjukkan Nabi shalallahu alaihi wasalam juga pernah minum sambil berdiri. Jumhur ulama berpendapat hukumnya adalah makruh, sedangkan perintah untuk memuntahkan adalah sunnah.

Ibnu Hazem berpendapat hukumnya haram. Syaikh Al Albani berpendapat, “Agaknya pendapat inilah yang mendekati kebenaran. Karena bila untuk sekedar makruh [tanzih] tidak perlu menggunakan kata “tercela [zijrun]”, dan tidak diperintahkan untuk memuntahkan sebab perintah memuntahkan disitu adalah sesuatu yang bagi seseorang untuk melakukannya, sungguh tidak mungkin syariat membebankan sesuatu seberat itu hanya untuk perkara sekedar sunnah.”

Hadits-hadits yang menerangkan minum dengan berdiri mungkin karena ada udzur, wallahu a’lam.

Sumber :

Silsilah Ash Shahihah, Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani, Pustaka Mantiq

5 Responses to “Hukum Minum Sambil Berdiri Dalam Islam”

  1. Dari Ibnu ‘Abbas beliau berkata : Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam minum air zamzam sambil berdiri.
    HR al-Bukhari dalam bab Minum sambil berdiri

    Tentu masih ada pendapat para ulama lain yang tidak sampai mengharamkan minum sambil berdiri. Dan mereka pun memiliki dalil yang sama kuatnya , salah satunya dalil bahwa Nabi pernah minum air zamzam sambil berdiri.

    Dan kalaupun disebutkan bahwa :
    Hadits-hadits yang menerangkan minum dengan berdiri mungkin karena ada udzur.
    Para ulama tidak menemukan pengkhususan alasan bahwa itu dilakukan oleh Nabi karena udzur.

    Dan satu hadits lagi yang menurut Syekh Albani adalah shahih dalam Shahih wa Dha’if at-Tirmidz :
    Dari Ibnu ‘Umar beliau berkata : Kami makan pada zaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sambil berjalan, kami minum sambil berdiri. (HR at-Tirmidzi)

    Abu al Maira :
    Benar pak Jafar, mayoritas ulama memakruhkannya. Anda bisa baca lagi pendapat Syaikh al Albani dalam hal ini. Hanya saja lebih baik jika makan/minum tidak sambil berdiri.
    Bukankah jika berbenturan apa yang dikatakan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wasalam dengan yang dilakukannya, maka ikutilah apa yang dikatakannya ?
    al-qaulu muqaddamun ‘alal-fi’l (perkataan lebih didahulukan daripada perbuatan). Kaidah umum ushul-fiqh.

    Terima kasih atas tanggapan dan tambahan anda

  2. mumtazzzz..uwafiq ala fikrotika an dzalika ya aba ja’far!!

  3. thanks. mr.jafar atas informasinya …very good….

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: