Permasalahan Merapatkan Jari Kaki Atau Merapatkan Tumit Antar Makmum Untuk Merapatkan Shaff Dalam Sholat Berjama’ah


Apakah lurusnya telapak dengan ujung jari-jemari kaki saja ataukah sejajarnya dua tumit?

“Cara meluruskan shaf yang benar adalah menyejajarkan kedua tumit satu sama lain, bukan menyejajarkan ujung jari-jemarinya. Hal ini disebabkan karena badan bertumpu pada tumit, sedangkan jari-jemari itu (panjangnya) berbeda-beda sesuai dengan (panjang pendeknya) telapak kaki; ada telapak kaki yang panjang dan ada pula yang kecil. Karena itu, tidak mungkin bisa mematok lurus secara tepat kecuali dengan kedua tumit. Adapun menempelkan tumit satu dengan yang lain, maka sudah jelas dasarnya dari para Sahabat, (yaitu) bahwasanya mereka biasa meluruskan shaf-shaf dengan menempelkan kedua tumit satu sama lain. Artinya, setiap orang di antara mereka menempelkan tumitnya dengan tumit orang yang berada di sampingnya. Hal ini dimaksudkan agar mereka dapat mewujudkan perintah meluruskan shaf.

Oleh karena itu, apabila shaf-shaf telah penuh, dan para jama’ah telah berdiri, maka seyogyanya setiap orang menempelkan tumitnya dengan tumit temannya, hanya agar dapat mewujudkan perintah meluruskan shaf saja. Hal ini tidak berarti ia harus menempel seperti ini terus-menerus, sehingga ia selalu menempel dengan temannya dalam semua shalat.”

(Durus wa Fatawa fil Haram al-Maki, Ibnu ‘Utsaimin, hal. 75)


[Irsyadat an Ba’dil Mukhalafat fi ath-Thaharah, ash-Shalah, al-Masajid, oleh. Syaikh Abdul Aziz bin Muhammad as-Sadhan, Edisi Indonesia “Ensiklopedi Kesalahan Ibadah”, Pent. al-Qawam Solo)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: